Membuat Akun Email di GMail


Penulis : Hikmat Surya Permana.
Versi : 1.1
Ditulis pada : Wednesday, January 7, 2009 16:59


Tulisan ini sebenarnya ditulis dengan niat untuk membantu murid-murid SD saya untuk membuat akun email di Gmail. Merupakan bagian dari pelajaran tambahan kegiatan ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun bila anda belum memiliki sebuah akun email, mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat.

Apakah email itu?

Merupakan kependekan dari Electronic Mail atau Surat Elektronik. Surat elektronik dikirim dengan menggunakan perangkat komputer melalui saluran kabel telepon dan/atau gelombang listrik ke komputer tujuan. Tukang posnya adalah POP3 atau Post Office Protocol generasi ketiga yang telah terintegrasi dan menjadi standar dalam jaringan internet. Dalam hitungan detik, email yang dikirim sampai ke komputer tujuan yang mungkin berada di belahan dunia lain.

Alamat email memiliki bentuk/format seperti ini :
• hikmat.s.permana@gmail.com
• adiknya.luna.maya@gmail.com

Apakah Gmail itu?

Gmail, kependekan dari GoogleMail, merupakan layanan gratis yang secara baik hati disediakan oleh Google.com untuk menampung dan mengirim email. Google secara dermawan memberikan lebih dari 6 GB dari harddisk di servernya untuk kita gunakan. Mengapa disebut dermawan? Ruang sebesar 6GB itu sangat besar untuk menampung email. Andai rata-rata sebuah email berisi teks biasa, tanpa gambar, berukuran 1 KB, maka Gmail dapat menampung sekitar 6.000.000 buah email. Bayangkan kalau sebuah email itu berukuran selembar kertas A4 atau Folio, 6.000.000 email berarti 6.000.000 lembar kertas, atau sama dangan 12.000 rim kertas, bila sebuah mobil pickup bisa menampung 500 rim kertas, maka dibutuhkan 24 mobil pickup sekaligus untuk mengangkut email yang ada di kotak pos kita di Gmail. Bayangkan!. Cukup dengan urusan matematis tadi, kita kembali ke lap...top. Jadi inilah salah satu alasan mengapa penulis lebih menyukai Gmail, dibanding penyedia akun email lainnya.

Dimanakah Gmail?

Gmail dapat diakses melalui tautan ini : http://mail.google.com. Disana, kita bisa "log in" untuk masuk ke akun yang sudah kita buat, ataupun untuk mendaftar baru. Disebelah kanan atas layar GMail, terdapat pilihan untuk mengganti bahasa (Change Language) di halaman GMail, gantilah menjadi Bahasa Indonesia, atau bahasa lain yang membuat anda nyaman. Okey deh, langsung saja kita pada pokok tulisan kita, MEMBUAT AKUN EMAIL di GMAIL. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Akun Email Baru di Gmail

Langkah Pertama : Pergi ke http://mail.google.com.

Kemudian akan terlihat halaman dengan gambar di bagian kanan seperti dibawah
ini :


Kemudian kliklah bagian yang telah dilingkari, yaitu "Signup ke Gmail"
untuk mulai melakukan proses registrasi.


Catatan :

Bagian atas yang berisi kolom Username dan Password digunakan bila anda telah memiliki akun Gmail.


Langkah Kedua :


Setelah tautan "Signup ke Gmail" diklik, anda akan menemukan halaman berisi formulir registrasi yang harus anda isi.


Berikut adalah keterangan dari bagian yang perlu Anda isi:

Nama Depan : Isikan dengan nama depan Anda

Nama Belakang : Isikan dengan nama belakang Anda

Nama Login yang Diinginkan : Isikan dengan nama email yang Anda mau.
Misalkan saya mendaftar dengan nama hikmat.s.permana, maka akun email baru
saya adalah hikmat.s.permana@gmail.com.

Nama email harus unik, karena itu Anda harus memeriksa apakah nama email yang Anda inginkan sudah dipakai oleh orang lain atau belum. Jadi setelah Anda mengetikan nama email yang Anda inginkan, tekan tombol "Cek Ketersediaan!". Jika ternyata Gmail menyatakan bahwa nama email Anda “tidak tersedia”, berarti nama email ini sudah digunakan oleh orang lain. Anda harus mengganti ke nama email lain. Anda dapat meneruskan bila nama email Anda belum pernah digunakan oleh orang lain (tersedia).

Pilih Sebuah Sandi : Masukan password untuk login ke email Anda.
Minimal 8 huruf atau angka.

Masukkan Kembali Sandi : Kembali ketikkan password Anda disini untuk
mencegah kesalahan ketik.

Ingat Saya di Komputer Ini : Merupakan layanan untuk login secara otomatis. Jangan dinyalakan apabila Anda sedang berada di warnet. Karena bila dinyalakan orang lain akan bisa mengakses email Anda secara otomatis.

Aktifkan Riwayat Web : Merupakan layanan untuk login secara otomatis juga, namun fungsinya lebih ke hasil searching di Google. Jangan dinyalakan apabila Anda sedang berada di warnet.

Pertanyaan Rahasia : Adalah pertanyaan yang akan ditanyakan oleh Gmail apabila Anda lupa password. Gunakan pertanyaan dengan jawaban yang Anda ingat. Misalnya apa binatang kesayangan saya?.

Jawaban : Adalah jawaban dari pertanyaan rahasia Anda. Anda harus menjawab dengan kata yang Anda masukan disini, barulah Gmail memberikan password Anda.

Email Sekunder : Alamat email Anda yang sedang aktif. Tidak harus diisi. Hanya digunakan pada bila Anda lupa password. Bila anda baru pertama kali mebuat email, tentunya anda tidak harus menjawab pertanyaan ini.

Lokasi : Lokasi Anda (pilih Indonesia).

Verifikasi Kata : ketikan huruf/angka pada gambar dibawahnya. Huruf-huruf tidak dibedakan kapital atau bukan.

Persyaratan Layanan : Anda dapat membaca aturan penggunaan Gmail disini

Langkah Ketiga :

Setelah mengisikan seluruh informasi yang diminta, tekan tombol “Saya Terima. Buat Akunku”. Selamat. Akun email baru Anda telah selesai dibuat. Klik link “Saya Siap. Tampilkan Akun Saya” di bagian sebelah kanan atas untuk masuk ke akun gmail baru Anda.

Sekarang akun email anda telah dibuat, ingat baik-baik password anda dan jangan lupakan!.




Hikmat Surya Permana
hikmatsuryapermana.blogspot.com

Comments

Popular posts from this blog

The Adventures of Asterix Comic Ebook Collection

The Three Investigators Ebook Collection

What is Bittorent (Torrent)